Sukar untuk tidak terkesan dengan pabrikan asal Austria ini, KTM Akhir-akhir ini telah memperluas rentang sayapnya di seluruh penjuru dunia, terutama dengan motorsport nya yang berkualitas, di dalam negeri KTM terkenal dengan jajaran motor offroad nya yang begitu fantastis.
Kali ini Leads akan mengulas pengalaman pertama dengan motor lansiran terbaru KTM yaitu RC360 2015.
RC360 termasuk pada jajaran Entry-Level Sportbike, berhadapan langsung dengan Kawasaki Ninja 300, Yamaha R3, dan Honda CBR300R.
Penampilan pertama saat melihat benar-benar membuat berdecak, setiap detail sudutnya begitu apik dengan rangka orange khas KTM jajaran RC (Race Competition) serta fairing yang bertuliskan KTM dicetak besar seakan berteriak K T M...
Dengan berat kosong hanya 147 Kg motor ini sangat ringan mengingat powernya yang melebihi 40 hp tepatnya 43.0hp pada 9500 rpm. Tinggi jok yang tidak terlalu rendah namun sempit saat diduduki membuat pengendara mudah dan lincah dalam melakukan manuver khas perkotaan.
Ketika dinyalakan mesin dengan kapasitas 373cc itu menghasilkan suara yang sopan namun berisi yang keluar dari knalpot yang berada dibawah. kopling yang empuk saat ditekan memberikan rasa yang menyenangkan tentunya tidak akan membuat pegal selama memainkannya.
Setelah perseneling ditekan pada gigi 1 dan motor mulai berjalan terasa sangat mengejutkan bahwa tenaga benar-benar berisi pada tiap putaran membangkitkan rasa kepercayaan diri. derajat demi derajat bukaan gas benar-benar pengalaman yang menyenangkan sekaligus menaikan standar keberanian diri seiring laju motor yang semakin cepat. Benar-benar sangat ringan...
Semakin banyak waktu bersama dengan RC390 semakin mengerti karakternya, torsi maksimum terletak di 7200 terus memuntahkan tenaga hingga putaran 9500 dimana puncak tenaga berada.
Motor ini ringan tetapi memliki kestabilan yang memuaskan, Chassis rancangan Austria ini benar-benar dibuat dengan perhitungan yang cermat, Centre of Grafity yang tepat membuat motor mudah meliuk-liuk melibas tikungan. Saat merebah ditikungan dengan cepat, Swing Arm alumunium bekerja sebagaimana mestinya melibas aspal yang sedikit bumpi tidak menimbulkan getaran berarti, selain itu WP upside down 43mm itu sangat membantu saat melakukan hardbrake kasar motor tidak membuang kemanapun, membuat rider percaya diri.
Dashboard Full digital dengan penunjuk bahan bakar, posisi gigi,memudahkan pengendara mengontrol penglihatan.
Leads jadi mengerti kenapa KTM RC360 ini memiliki harga yang tinggi (Kisaran 110 juta) dibanding kompetitornya, hal itu dibayar dengan kepuasan yang diperoleh selama mengendarainya.
Hmmm benar-benar Premium ala Eropa...
No comments:
Post a Comment